Pilek karena alergi

Advertisement

Pilek dapat disebabkan juga oleh alergi. Pada umumnya alergi dapat dilawan sendiri oleh tubuh kita, atau berubah menjadi alergi dalam bentuk lain. Bagaimana mengatasi alergi pilek ini?

  • Musuh utama adalah debu atau kotoran halus yang melayang di udara. Sebagian besar daratan di bumi ini terdapat debu. Begitu debu masuk sampai dengan tingkat tertentu maka akan membuat hidung kita menjadi pilek. Cara terbaik untuk menghadapai alergi ini adalah mencegah semaksimal mungkin segala hal tentang debu untuk masuk ke lubang hidung kita. Caranya bisa dengan sapu tangan, masker, tisu dan yang lain. Tentu saja kita dapat menyesuaikan pelindung hidung itu dengan situasi dan kondisi. Gunakan saja masker dari kain yang sangat bermanfaat agar tidak pilek. Contoh yang lain adalah memakai sapu tangan/masker untuk menutup hidung saat akan menaiki sepeda motor, karena jika berlama-lama berada di jalan yang penuh dengan debu dan kotoran dijamin dah langsung pilek.
  • Panas Matahari dan hawa panas. Jika berlama-lama dalam hawa yang sangat panas atau terkena panas terik agak lama maka mulai dah mata pedih dan hidung menjadi tersumbat. Mungkin hawa yang panas dan terik matahari identik dengan banyaknya debu yang ada. Bahkan jika terlalu lama maka hidung akan mimisan, kala masih kecil Bunda biasanya menaruh dauh sirih di hidung sambil berbaring agar mimisan cepat menutup.
  • Angin, nah hindari juga yang satu ini. Hal ini terjadi karena biasanya pada angin debu-debu mudah berhamburan ke mana-mana. Segera tutup hidung atau masuk rumah/gedung saat banyak angin di luaran.
  • Hawa dingin, selain hawa panas maka hawa dingin juga akan membuat bersin-bersin. Pakailah jaket atau selimut yang lumayan tebal agar badan terasa hangat sehingga tidak pilek.
  • Es, merupakan salah satu musuh utama karena sangat cepat membangktkan alergi pilek ini. Usahakan agar saat membeli minuman es jangan terlalu banyak jumlah es batu di dalamnya. Jika berupa jus biarkan sejenak agar tidak terlalu dingin sekali atau apabila fresh jus maka mintalah es-nya sedikit saja. Es cream, nah ini dia yang agak susah‚Ķkarena harus menunggu sampai mencair hehehe..padahal mana enak ya makan es cream cair? (Itu mah namanya bukan es cream hiihihihiiiiii)
  • Siapkan selalu tisu atau sapu tangan, sebaiknya kalau masih kecil (seumuran SD misalnya) carikan sapu tangan yang bersifat menyerap seperti handuk. Hal ini karena anak kecil kadang kerepotan sekali, sehingga biarkan dia buang ingus dalam sapu tangan handuk tersebut (Cuci tersendiri, jangan dicampur dengan cucian lainnya). Tempatkan tisu sebanyak mugkin, baik di rumah atau di kantor agar lebih leluasa saat bersin-bersin atau buang ingus. Percaya dah masalah ingus ini repot sekali sehingga memang harus ditanggulangi dengan cepat. Sapu tangan adalah senjata terakhir saat kita tidak membawa tisu.
  • Banyak-banyaklah minum vitamin dan buah-buahan serta air putih. ketiga hal tersebut sangat membantu daya tahan tubuh, sehingga walau pilek melanda diharapkan tidak berlangsung lama dan berlarut-larut.
  • Usahakan olah raga secara teratur untuk menambah kuatnya stamina pertahanan tubuh, berjalan kaki secara rutin dengan jarak tertentu agar tetap sehat dan bugar.
  • Jika orang yang mengalami masih anak-anak, jelaskan secara singkat dan beri pengertian agar tidak minder terhadap teman-temannya. usahakan juga lingkungan (terutama rumah) bersih dari debu walau tidak mungkin mencapai 100%. Apa yang dilakukan Bunda dengan menjaga kebersihan rumah sangat membantu dalam mengurangi serangan alergi ini.

Related Blogs

Advertisement
Pilek karena alergi | japil | 4.5